PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE



Sebelum membicarakan fungsi dari tenses ini, mari kita jabarkan artinya terlebih dulu. Past itu adalah "Lampau" sedangkan yang telah kita pelajari sebelumnya mengenai Past Perfect adalah aktifitas yang sudah atau telah dilakukan dan tidak berkaitan lagi dengan masa sekarang sedangkan yang terakhir Continuous adalah aktifitas yang sedang terjadi atau sedang berlangsung.
         Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa Past Perfect Continuous digunakan pada suatu aktifitas yang sudah dan sedang di lakukan di masa waktu yang sudah lewat, aktifitas itu tidak berlangsung lagi di masa sekarang.

Contoh :
I had been loving James for  a long time

*Kalimat di atas menerangkan bahwa saya dulu sudah dan sedang jatuh cinta sama James dalam waktu yang lama, namun sekarang sudah tidak lagi, namun kalo kita menggunakan Present Perfect Continuous Tense maka maknanya akan berbeda.

I have been loving James for a long time (Present Perfect Continuous Tense)

* Maknanya menjadi saya sudah dan sedang mencintai James dalam waktu yang lama dan sekarang pun saya sedang mencintainya.

Contoh :

Yesterday, when you didn't come (Past Tense) , I had been waiting for you for 2 hours

*Kalimat di atas menerangkan 2 peristiwa yang di hubungan dengan Conjunction di awal kalimat "When", dimana dua peristiwa itu terjadi di masa lampau (Yesterday). Saya yang telah sedang menunggu kamu selama 2 jam ketika kamu tidak kunjung datang.

Berikut adalah rumus dari Past Perfect Continuous Tense :

Subject

Auxiliary Verb

VERB

SHE, HE, IT, SINGULAR NOUNS

HAD BEEN

V+ing

I, YOU, THEY, WE, PLURAL NOUNS

(?) Aux. Verb + subject + Been + V+ing

How long had you been waiting for me when i didn't come ? 

(-) Subject + Aux. Verb + not + Been + V+ing

I had not (hadn't) been waiting for you longer when you didn't come



 

0 Comments:

Posting Komentar